MODUL 1.2. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK (PROGRAM CALON GURU PENGGERAK)
KONEKSI
ANTAR MATERI
(Nilai
dan Peran Guru Penggerak)
Sebagaimana
tertera dalam semboyan pendidikan yang di kemukakan oleh Bapak Ki Hajar
Dewantara yaitu 'Ing ngarso sung tuladha, ing madya membangun,
tut wuri handayani' yang artinya di
depan memberi contoh, di tengah membangun semangat, di belakang memberi
dorongan'. Dari semboyan tersebut tertera bahwa guru merupakan teladan, guru
merupakan pembangun semangat dan guru merupakan pendorong.
Bagaimana dengan harapan Kemendikbud terhadap Guru Penggerak?
Kemendikbud mengharapkan Guru Penggerak bisa:
1. mendorong tumbuh kembang murid secara
holistic agar memiliki profil Pelajar Pancasila;
2. menjadi pelatih/mentor bagi guru-guru yang
lain untuk pembelajaran yang berpusat pada murid
atau student-centered learning.
3. menjadi teladan dana gen transformasi bagi
ekosistem pendidikan.
Adapun
peran guru dalam membentuk Pelajar Pancasila adalah sebagaimana semboyan
pendidikan di atas yaitu memberi teladan, menumbuhkan semangat dan mendorong sehingga
lahirlah pelajar yang:
1. beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan
berakhlak mulia;
2. berkebinekaan global;
3. mandiri dalam mendorong diri meningkatkan
kemampuan;
4. bergotong royong;
5. kreatif;
6. bernalar kritis
Dengan
dilaksanakan peran-peran yang disebut di atas secara baik, maka akan
terbentuklah anak-anak didik yang memiliki cita, rasa, dan karsa yang merupakan
pelajar Pancasila demi kemajuan pendidikan di Indonesia.
Comments
Post a Comment