MODUL 1.2. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK (PROGRAM CALON GURU PENGGERAK)

 

KONEKSI ANTAR MATERI

(Nilai dan Peran Guru Penggerak)

            Sebagaimana tertera dalam semboyan pendidikan yang di kemukakan oleh Bapak Ki Hajar Dewantara yaitu  'Ing ngarso sung tuladha, ing madya membangun, tut wuri handayani' yang artinya di depan memberi contoh, di tengah membangun semangat, di belakang memberi dorongan'. Dari semboyan tersebut tertera bahwa guru merupakan teladan, guru merupakan pembangun semangat dan guru merupakan pendorong.

            Bagaimana dengan harapan Kemendikbud terhadap Guru Penggerak? Kemendikbud mengharapkan Guru Penggerak bisa:

1. mendorong tumbuh kembang murid secara holistic agar memiliki profil Pelajar Pancasila;

2. menjadi pelatih/mentor bagi guru-guru yang lain untuk pembelajaran yang berpusat pada murid

    atau student-centered learning.

3. menjadi teladan dana gen transformasi bagi ekosistem pendidikan.

            Adapun peran guru dalam membentuk Pelajar Pancasila adalah sebagaimana semboyan pendidikan di atas yaitu memberi teladan, menumbuhkan semangat dan mendorong sehingga lahirlah pelajar yang:

1. beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia;

2. berkebinekaan global;

3. mandiri dalam mendorong diri meningkatkan kemampuan;

4. bergotong royong;

5. kreatif;

6. bernalar kritis

            Dengan dilaksanakan peran-peran yang disebut di atas secara baik, maka akan terbentuklah anak-anak didik yang memiliki cita, rasa, dan karsa yang merupakan pelajar Pancasila demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Learning Time (Narrative Text )