Visi Guru Penggerak Dikaitkan dengan Appreciative Inquiry
Setelah mempelajari materi, yang
menjadi informasi utama adalah tentang misi guru penggerak dikaitkan dengan
Appreciative Inquiry dikaitkan dengan tahapan BAGJA. Informasi tersebut sangat
diperlukan oleh guru penggerak terutama jika dikaitkan dengan visi guru
penggerak. Di dalam visi guru penggerak tentunya diperlukan pemikiran positive
terutama akan adanya potensi baik dari dalam diri guru penggerak maupun peserta
didik, dan tentunya hal tersebut perlu digali untuk menggapai mimpi.
Informasi yang dapat membantu guru penggerak adalah pemahaman terhadap paradigm appreciative inquiry dan tentunya penerapannya dengan menggunakan tahapan BAGJA. Sebagai guru penggerak tentunya memerlukan sebuah visi yang jelas menggambarkan seperti apa layanan dan lingkungan pembelajaran yang perlu kita berikan kepada peserta didik, keyakinan kita atas visi itulah yang membuat kita terpacu untuk melakukan peningkatan kualitas diri serta menguatkan kolaborasi di lingkungan sekolah sehingga menjadi upaya perbaikan yang berkesinambungan.
Guru penggerak
tentunya dapat melakukan perubahan budaya positif yang memiliki tantangan.
Untuk melakukannya diperlukan orang-orang yang bersedia untuk terus melakukan
inovasi dan terbuka terhadap kenyataan yang sedang dihadapi pada masa kini dan
yang akan datang. Perubahan positif yang konstruktif di sekolah biasanya
membutuhkan waktu yang berjenjang, oleh karena itu kita sebagai guru harus
terus berlatih mengembangkan diri, dan berupaya menggerakkan orang lain, dengan
niat yang tulus dan ikhlas demi mewujudkan visi sekolah.
Hal kecil sebagai
upaya melakukan perubahan tersebut adalah dengan membuat pertanyaan utama
sebagai penentu arah penelusuran terkait perubahan yang kita inginkan. Hal itu
sebagai langka awal dalam kerangka tahapan BAGJA.
Comments
Post a Comment