MODUL 6 (Pembatik Level 2 2021) : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEMANFAATKAN RUMAH BELAJAR

 

* Pemanfaatan Fitur-fitur Rumah Belajar

    1. Fitur Sumber Belajar 
        Sumber Belajar merupakan fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum.
         Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk audio, video, dan laman
         interaktif. 

    2. Fitur Kelas Maya 
        Kelas Maya merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk
        memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru 
        dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan 
        di mana saja.
    
    3. Fitur Laboraturim Maya
 

        Lab Maya merupakan fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik,

       dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.

   4. FITUR BANK SOAL

       Bank Soal merupakan fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik

      pembelajaran. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

  5. FITUR EDUGAME

       Bermain sambil belajar dengan fitur Edugame Rumah Belajar. Fitur ini menyediakan beragam gim interaktif                yang dapat dimanfaatkan oleh siswa, baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. 

      Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang

      disajikan.


*Model Pembelajaran Blended Learning

1. Model pembelajaran blended learning (campursari) yaitu model pembelajaran yang mengombinasikan pembelajaran tatap  muka (syncronous) dengan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (asyncronous). Kini ditengah pandemic covid-19 model ini menjadi trend di seluruh dunia.

2. Model pembelajaran Berbasis Game

3. Model Pembelajaran Berbasis Elektronik (e-Learning)

   E-Pembelajaran mengacu kepada suatu model pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik. Jenis media elektronik yang dimanfaatkan bisa terdiri dari satu, atau banyak jenis media. E-pembelajaran yang paling populer saat ini adalah pembelajaran online atau online learning.
4 Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (experiential learning) 
    Secara definisi, experiential learning merupakan proses belajar melalui pengalaman, dan secara lebih spesifik didefinisikan sebagai "belajar melalui refleksi dalam melakukan". Pembelajaran langsung dapat menjadi bentuk pembelajaran berdasarkan pengalaman, tetapi tidak selalu melibatkan siswa yang merefleksikan produk mereka. (Wikipedia, n.d.) 

Comments

Popular posts from this blog

Learning Time (Narrative Text )