Pembatik Level 2 2021: Pemanfaatan TIK Pembelajaran dengan Pendekatan TPACK serta Analisa dan Rencana

Definisi TIK adalah: Beragam perangkat dan sumber daya teknologi yang digunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat, berbagi, atau bertukar informasi dan meningkatkan komunikasi. Alat dan sumber daya teknologi ini termasuk komputer, Internet (situs web, blog, dan email), teknologi penyiaran langsung (radio, televisi, dan webcasting), teknologi penyiaran yang direkam (podcasting, pemutar audio dan video, dan perangkat penyimpanan) dan telepon (tetap atau seluler, satelit, visio / konferensi video, dll.) (UNESCO, uis.unesco.org).

Penggunaan TIK oleh guru meliputi:

  1. Penggunaan TIK secara profesional
  2. Peran TIK dalam integrasi sosial dengan peserta didik
  3. TIK sebagai penerapan teknologi pembelajaran
  4. Penggunaan TIK dalam manajemen dan pengembangan sekolah
  5. Penggunaan TIK yang efektif melalui analisis pribadi, organisasi, dan kelembagaan
* Dr. Satish Patel menjelaskan ruang lingkup TIK dalam peran 3E yakni Enabling (menjadikan bisa), Engaging (membuat terlibat), dan Empowering (memberdayakan), dalam How Today’s Students are Leveraging Emerging Technologies for Learning..

* Perencanaan Pembelajaran yang memanfaatkan TIK perlu memperhatikan hal-hal tercantum dalam gambar di bawah ini: 


Sebagai guru memerlukan kriteria untuk menganalisis/menilai kebutuhan akan integrasi dalam pembelajaran. O’Reilly (2016) dalam jurnalnya menuliskan 8 (delapan) aspek yang perlu disurvei sebelum mengadopsi dan mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, yaitu:

  • kemampuan asesmen diri guru
  • pengunaan dan integrasi TIK
  • keyakinan guru
  • kendala akses
  • sumber daya untuk pengembangan profesional
  • kepemimpinan
  • kebutuhan dan keinginan
  • demografi


Comments

Popular posts from this blog

Learning Time (Narrative Text )